Analisis perilaku konsumen: frekuensi pembelian dan preferensi ter-hadap jenis sembako di Ayamaru Raya, Kabupaten Maybrat
This Work is licensed under: Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Abstract
ABSTRACT: This study aims to analyze consumer behavior in purchasing nine essential food commodities (sembako) in Ayamaru Raya, Maybrat Regency, West Papua Province. A descriptive quantitative approach was used involving 30 consumer respondents. The results revealed that most consumers were aged 26–55 years, dominated by females, and primarily consisted of housewives and unemployed individuals. Most consumers purchase sembako three to five times per month, focusing on main commodities such as rice, sugar, cooking oil, eggs, and salt. Brand preferences indicate a tendency toward locally accessible and trusted products such as Merapi and Semangka rice, local sugar, Bimoli cooking oil, Segitiga Biru flour, and Cap Kapal salt. Price, quality, and accessibility are the main factors influencing purchasing decisions. Although prices are relatively high and often fluctuate, purchasing access remains easy as physical stores are located near residential areas. The study recommends strengthening price stability, improving local distribution networks, and empowering traders and consumers to enhance sustainable food security in Ayamaru Raya, Maybrat Regency.
References
Amroini, M., Purwidiani, N., Sulandjari, S., dan Handajani, S. 2022. Pengaruh Penggunaan Gula yang Berbeda Ter-hadap Sifat Organoleptik dan Tingkat Kesukaan Selai Pisang Ambon. Jurnal Tata Boga 11(2): 22-33
BPS Kabupaten Maybrat, 2024. Kabupaten Maybrat dalam Angka Volume 14. Ba-dan Pusat Statistik Kabupaten Maybrat.
Bukhori, M., dan Ekasari, T. 2017. Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli pada Ibu Rumah Tangga Desa Kebonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. JIBEKA 11(2): 11-20.
Fachreza. 2012. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Gula Pasir di Kota Medan. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Medan.
Ferdinand, A. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro.
Fitri, M., Jamalludin, dan Vermila, C.W. M. 2018. Analisis Kepuasan Konsumen Ter-hadap Produk Sembako Pada Minimarket Juan di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi." Jurnal OPTIMA II.
Gunawan, C.M., dan Melinda, T. 2021. Ana-lisis atribut yang menjadi preferensi kon-sumen dalam memilih produk UD Sumber Urip. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2: 1655–1662.
Husna, H.H., dan Arafah, M. 2024. Pengaruh Fluktuasi Harga Terhadap Daya Beli Pedagang Sembako Muslim Di Pasar Pa-lakka Kab. Bone, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah 3(2): 25-40.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Jakarta (ID): PT Prenhalindo.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakar-ta: PT Intan Sejati Klaten
Kotler, P and Keller, K.L. 2016. Marketing Management. 15th Edition, Pearson Ed-ucation, Inc.
Kumboro, ER., 2016. Pengaruh Karakteristik dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Beras di Kota Me-dan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Lestari, L., Lubis, S.N., dan Jufri, M. 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketersediaan dan Konsumsi Pangan Strategis di Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi dan Industri 22(1): 1-16.
Mahayati, P., dan Rahayu, M.J. 2022. Identif-ikasi Karakteristik Pedagang Keliling (Studi Kasus Kota Surakarta). REGION: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif 17(2): 524-534.
Mokalu, J.Y., Maweikere, A.M., dan Waney, N.F.L. 2020. Deskripsi Faktor-Faktor Pada Konsumen Membeli Kebutuhan Bahan Pokok di Pasar Tradisional dan Pasar Modern: Studi Kasus Pasar Tradi-sional Pinasungkulan dan Swalayan Freshmart Bahu Kota Manado. AGRIRUD 2(3), 215-229.
Mulyasari, V.K., Prsetyo, E., dan Sumarjono, D. 2020. Analisis preferensi konsumen terhadap pembelian durian lokal Sema-rang. JEPA Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 4(1): 8796
Nauli, O. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Beras Lokal di Kota Medan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Su-matera Utara, Medan.
Nugroho, M., dan Erikawati, C. 2023. Peran Wirausaha Perempuan dalam Perekonomian Rumah Tangga Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Daya Saing 25(2): 145-151.
Nurfaisah. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen untuk Berbelanja di Pasar Tradisional Ke-lurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar.
Nurzana, F., dan Novrianti, N. 2024. Ke-bijakan Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Kenaikan Harga Pangan saat Mendekati Hari Raya Idul Fitri (Studi Kasus Kota Tanjung Pinang). Jurnal Wilayah, Kota dan Lingkungan Berke-lanjutan 3(1): 178-185.
Orlando, J., dan Harjati, L. 2022. Pengaruh Atribut Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Aa Raffi Fried Chicken Sindangbarang Bogor. Journal of Accounting & Man-agement Innovation 6(1): 49–66.
Pazra, D. F., dan Wahyuningsih. 2024. Evalua-si Kualitas Fisik dan Mikrobiologi Dag-ing Sapi yang Dijual pada Pasar Tradi-sional dan Supermarket di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Jurnal Vitek Bidang Kedokteran Hewan 14(2): 220-228.
Rahmawaty, P. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Kepu-tusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen 11(2): 82–89.
Rapunzel, M.B., Rumate, V.A., dan Maslow-an, I. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan pada pemilik warung sembako di kota Mana-do. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 17(2): 24-35.
Samuelson, P.A., dan Nordhaus, W.D. 2004. Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta: PT. Media Edukasi.
Septiana, D.D., Liska, S.A., Simbolon, L.D., Khaerunisa, S., dan Ken, R.R.W. 2024. Analisis studi kelayakan bisnis pada usaha toko sembako “Banyu Urip” ditin-jau dari aspek keuangan dan pemasaran. INNOVATIVE: Journal of Social Sci-ence Research 4(1): 3973-3979.
Sodik, F. Z., dan Nuridin. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Garam Beryodium 'Kapal Terbang' di Pasar Jonggol, Kabu-paten Bogor. Jurnal Ekonomi dan Indus-tri 22(1): 1-16.
Susilowati, H. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketahanan Pangan Ru-mah Tangga Miskin di Kecamatan Sran-dakan Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Silalahi, N.A.P., Darmawan, D.P., dan Parin-ing, N. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Pelanggan Berbelanja Produk Fresh Food di Tiara Dewata Denpasar. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata 1(2): 78-87.
Silondae, S., Muthalib, H.A.A., dan Ernawati. 2016. Keterkaitan Jalur Transportasi dan Interaksi Ekonomi Kabupaten Konawe Utara dengan Kabupaten/Kota Seki-tarnya. Jurnal Progres Ekonomi Pem-bangunan 1(1): 49-64.
Sudarnaya, K., Nurjiasih, L.Y., Mahandika, M.B., dan Guritna, K.D. 2022. Analisis UMKM Toko Sembako Jans77. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 39-43.
Sukriani, N., Dewi, D.S, dan Febrina, D. 2024. Peran Keterampilan dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pa-ra Pelaku Usaha Makanan di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan 8(1): 142-149.
Syahlevy. 2018. Analisis Pengaruh Penerimaan Total Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Usaha Karet Di Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara III (Persero). Tesis. Program Studi Magister Agribisnis Program ascasarjana Universitas Medan Area.
Syahputra, R. R., dan Herman, H. 2020. Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Ter-hadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 62-70.
Tarigan, P.S.B., dan Pinem, L.J. 2019. Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli di Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Agriprimatech 3(1): 27-32.
Vermila, C.W.M. 2017. Analisis Kepuasan Konsumen yang Berbelanja Sembilan Kebutuhan Bahan Pokok (Sembako) Pa-da Pasar Tradisional Dan Pasar Moderen Di Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis 17(1).
Winarto, H. 2021. Strategi Pemasaran. Jurnal JAGO 1(2): 124-128.
Zed, E. Z., Raharja, R.A., dan Fadillah, R.N. 2024. Peran Toko Sembako Dalam Men-dorong Perekonomian Lokal Di Cikarang Pusat. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 11(9), 51–60.







