Author Guideline

GUIDELINES FOR MANUSCRIPT WRITING AND SENDING TO CASSOWARY JOURNAL

(in Bahasa Indonesia: Klik)

General Guidelines

Naskah yang disubmit belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk publikasi di jurnal lain. Semua penulis naskah diharapkan sudah menyetujui pengiriman naskah ke Cassowary: Jurnal Program Pascasarjana dan menyetujui urutan nama penulisnya. Corresponding author juga diharapkan sudah memperoleh persetujuan dari semua penulis untuk mewakili mereka selama proses penyuntingan dan penerbitan naskah. Untuk menghindari adanya plagiarism, penulis wajib mengisi dan menandatangani Statement of Originality dan melampirkannya pada bagian Upload Supplementary Files pada saat mensubmit naskahnya. Penulis yang naskahnya sudah dinyatakan Accepted, wajib mengisi lembar Copyright Transfer Agreement dan mengirimkannya ke Redaksi Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasfik.

Naskah harus mengandung komponen-komponen naskah ilmiah berikut (sub judul sesuai urutan), yaitu: (a) JUDUL (Bahasa Inggris dan Indonesia), (b) Nama Penulis, (c) Afiliasi penulis, (d) Alamat penulis dan alamat (e) email semua penulis, (f) ABSTRCT dan Key Word (bahasa Inggris) (g) ABSTRAK dan Kata Kunci (Bahasa Indonesia), (h) PENDAHULUAN, (i) METODE PENELITIAN, (j) HASIL DAN PEMBAHASAN, (k) KESIMPULAN, (l) UCAPAN TERIMA KASIH (jika ada), dan (m) DAFTAR PUSTAKA.

Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan jumlah halaman maksimum 10 termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 12pt, berjarak 1 spasi, dengan format 2 kolom kecuali judul, afiliasi penulis, dan abstrak Bahasa Indonesia dan Inggris, keywords, dalam format satu kolom. Kata-kata atau istilah asing dicetak miring. Sebaiknya hindari penggunaan istilah asing untuk naskah berbahasa Indonesia. Paragraf baru dimulai 12.5 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat. Penjelasan lebih lanjut:

 

Judul

Judul naskah ditulis secara singkat dan jelas, serta harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan dan tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam. Judul naskah tidak boleh mengandung singkatan kata. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul Bahasa Indonesia ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 14, Bold, Spasi 1. Judul Bahasa Inggris ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12, regular, Spasi 1. Jarak antara Judul Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris adalah 12 pt (satu kali enter). HANYA huruf pertama di awal kalimat menggunakan huruf besar kecuali nama tempat, ternak atau lainnya.

 

Nama Penulis

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, dengan huruf Times News Roman ukuran, ukuran 12. Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dipisahkan oleh koma (,). Jika nama penulis hanya terdiri atas satu kata, tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata, namun demikian di versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang). Nama penulis ditulis dengan jarak 12 pt (satu kali enter) dari judul Bahasa Inggris. Penulis korespondensi diberi tanda *. Editor hanya akan melakukan komunikasi pada penulis korespondensi.

 

Afiliasi Penulis

Afiliasi penulis atau nama institusi penulis ditulis dibawah nama penulis dengan jarak 12 pt (satu kali enter) dari nama penulis. Penulis yang tidak berada pada institusi yang sama, harus ditandai dengan footnote berupa angka 1) dan seterusnya seperti pada template yang disediakan. Foot note digunakan HANYA jika penulis berasal dari institusi yang berbeda Penggunaan foot note1) BUKAN untuk membedakan status mahasiswa dan dosen . Afiliasi ditulis dengan mencantumkan nama departemen atau Program Studi dan/atau Nama Institusi, Afiliasi penulis ditulis dengan huruf  TNR, ukuran 12 pt, regular.

Alamat penulis

Alamat penulis yang ditulis adalah alamat institusi penulis. Lamat yang ditulis mencakup nama jalan, kelurahan, kabupaten, kode pos, provinsi dan Negara. Setiap penulis yang berasal dari institusi yang berbeda, wajib menuliskan alamat intitusinya di bawah afiliasi atau nama isntitusi.

 

Alamat email penulis

Semua penulis wajib mencantumkan alamat emailnya masing masing dan ditulis di bawah afiliasi penulis tanpa ada jarak. Alamat email semua penulis ini akan di gunakan pada saat submission online.

 

Abstract dan Keyword

Abstract bahasa inggris ditulis dengan menggunakan huruf TNR, ukuran 12 pt, regular. Abstrak ditulis maksimal 300 kata, memuat inti permasalahan yang akan dikemukakan, metode pemecahannya, dan hasil-hasil temuan saintifik yang diperoleh serta kesimpulan yang singkat. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. Jarak antar baris adalah satu spasi pada format ini. Setiap artikel harus memiliki Abstract Bahasa inggris dan Abstrak Bahasa Indonesia.

Keyword ditulis dibawah abstract dengan jarak 12 pt dari baris terakhir abstract. Keyword berisi 5 kata kunci yang berhubungan dengan penelitian yang ditulis.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan ditulis dengan TNR, ukuran 12, Spasi 1. Judul Bab seperti PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN dst, ditulis dengan huruf besar, cetak tebal, Rata Kiri. TIDAK ADA jarak antara judul bab ke baris pertama paragraph. Jarak antara Judul bab dengan Sub judul Bab adalah 12 point (satu kali enter). Isi dari bab ditulis dengan rata kanan kiri. Aturan ini berlaku juga untuk bagian Metode penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Ucapan Terimakasih.

 

Daftar Pustaka

Semua rujukan yang diacu dalam teks naskah harus didaftarkan di Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80 % dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap naskah paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan dan penulisannya diurutkan sesuai abjad.

Referensi ditulis dengan format APA reference style, dengan menggunakan aplikasi pengelolaan daftar pustaka Mendeley, Zotero, Refworks, Endnote, dan Reference Manager.

 

Bagian Tabel dan Gambar

Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks, sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul tepat di bagian bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka Arab. Setiap tabel juga harus diberi judul tabel dan bernomor urut angka Arab, tepat di atas tabel tersebut. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas, baik ukuran font, resolusi, dan ukuran garisnya. Gambar, tabel, dan diagram/ skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom di antara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya bagian yang penting saja.

Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dan menjadi satu kesatuan dengan tabel tanpa diberi batas (border) di bagian atas dan samping kiri-kanan (HANYA huruf pertama di awal kalimat menggunakan huruf besar kecuali nama tempat, ternak atau lainnya). Keterangan tabel juga ditulis menjadi satu kesatuan dengan tabel tanpa diberi batas (border) di bagian bawah dan samping kiri-kanan.

Gambar dan keterangan gambar ditulis dalam satu kesatuan berupa tabel tanpa diberi batas (border) bagian atas, bawah dan samping kiri-kanan. Keterangan gambar ditulis di bagian bawah gambar, diberi no urut, TIDAK dicetak tebal, dan menjadi satu kesatuan dengan tabel tanpa diberi batas (border) di bagian bawah dan samping kiri-kanan

Tabel dan Gambar dalam ukuran besar dapat dibuat dalam satu kolom, tidak perlu dibuat dalam dua kolom teks. Penempatan tabel dan gambar yang besar harus diposisikan pada bagian awal atau akhir halaman, tidak diperkenankan meletakkan tabel atau gambar yang besar pada bagian tengah halaman (vertikal), karena akan membuat teks dalam dua kolom menjadi rancu urutannya.

Templates: Download Template

Biaya

Bagi penulis yang naskahnya dinyatakan dimuat, dikenakan biaya sebesar Rp 0 (tiga ratus ribu rupiah).  Pembayaran dapat dilakukan di ruang sekertariat Cassowary, Program Pascasarjana UNIPA.