Peran serta siswa dan guru dalam pengelolaan lingkungan hidup: Studi kasus di SMA Negeri 1 Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak
The role of students and teachers in environmental management: Case study at SMA Negeri 1 Anggi, Arfak Mountains Regency

Abstract
ABSTRACT: This study aims to determine the role of students and teachers in increasing environmental awareness and their role in reducing inefficient resources. This research is expected to encourage all students and teachers to participate actively in all school activities, with a particular focus on forming an environmentally friendly school. The study was conducted using a qualitative approach with a descriptive type of research that aims to describe a symptom/event that occurs. Data were collected through observation, interviews, and questionnaires employing a Likert scale with five answer options. The findings revealed that students and teachers at SMA Negeri 1 Anggi, Gunung Arfak Mountains Regency, West Papua Province play a pivotal role in environmental management within their educational institution.
References
Ajmain., (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta didik di SMA Negeri 3 Yogyakarta, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16 (1).
Amrullah, F., & Susilo, M. J. (2019). Identifikasi Sarana dan Prasarana Pendukung Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri Kota Yogyakarta. In Symposium of Biology Education (Symbion) (Vol. 2)
Arikunto S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta Rineka Cipta.
Al-anwari, A. M. (n.d.). Strategi pembentukan
karakter peduli lingkungan di sekolah
adiwiyata mandiri. XIX (02), 227–252
Al – Anwari, n.d. et al. Jurnalis .Jen. M. Ismail dkk (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan menjaga kebersihan di Sekolah.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol.4, No.1, Mei 2021 hal. 59 - 68
Daryanto. (2013). Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. (Yogyakarta: Gava Media.
Harianti, et al (2017). Jurnalis. Jen. M. Ismail dkk 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan menjaga kebersihan di Sekolah.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 4, No.1, Mei 2021 hal. 59 - 68
Jen.M.Ismail (2021) Pendidikan Karakter Peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di Sekolah, Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4, No. 1, Mei 2021 hal. 59-68
Maghfur, M. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Masa Depan Ekologi
Sardiman, (2014), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Kota Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sarlian M. Ali. (2007). Sosiologi untuk Kelas XI Sekolah Menengah atas /MA Empiris Media Lugas Kavling DKI Blok I.No.12 Duren Sawit Jakarta Timur.
Shinta, A. (2019). Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup di Sekolah-Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup. BEST Media.
Siti Sundari Rangkuti, (2000). Hukum Lingkungan, Kebijaksanaan Lingkungan Nasional. ed. Kedua Surabaya; Airlangga University Press.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R & D) Alfabeta Bandung.
Supriadi, (2005). Hukum Lingkungan di Indonesia sebuah Pengantar, Jakarta; Sinar Grafika
Takdir Rahmadi, (2011). Hukum Lingkungan di Indonesia. Jakarta, Raja Garfindo Persada.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor:14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang - Undang No.23 Tahun 1997. Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2006. Bandung Fermana
Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, S Junarsih, Erwin. (2023). Pendidikan Kesehatan tentang peduli Lingkungan Hidup dan Kesehatan Lingkungan Sekolah kepada Siswa/i SMA Muhamaddiyah Kota Langsa.
Widaningsih.(2010).Dikutipdari http://eprints. undip.ac.id/31463/1/bab1/pdf.online(Diunduh 22 Juli 2012).
Waskitoningtyas et al., 2018) Jurnalis .Jen. M. Ismail dkk 2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan menjaga kebersihan di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol.4, No.1, Mei 2021 hal. 59 - 68